Implementasi Metode Agile Scrum Pada Sistem Informasi Akuntasi CV Tritama Inti Persada

Andi Amalia Arsyad, Mashud Mashud, A Sumardin

Abstract


CV Tritama Inti Persada merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan pengadaan barang dan jasa. Saat ini infomasi dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan dilakukan secara manual hal ini, dapat mengakibatkan keterlambatan menyusun laporan keuangan sehingga perusahaan lambat melaporkannya pada pihak pajak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem informasi akuntansi yang dapat mempermudah staff keuangan dalam proses penyusunan informasi laporan keuangan dan mempermudah dalam memberikan informasi keuangan pada pimpinan CV Tritama Inti Persada. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Agile Scrum dengan tiga tahapan yaitu scrum team, scrum events dan scrum artifact. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan dikembangkannya sistem informasi akuntansi pada CV Tritama Inti Persada dapat menghasilkan informasi keuangan lebih cepat dan efektif serta data yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tingkat keefektifan dan kemudahan berdasarkan hasil penilaian kuesioner Sistem Informasi Akuntansi CV Tritama Inti Persada dengan niali rata-rata 86%, yang berarti sistem ini layak digunakan.

Full Text:

PDF

References


Devitra, Kurniawan, A., & Joni. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengadaan Barang/Jasa pada CV. Sumber Rezeki Berkah Jambi. Jurnal Manajemen SIstem Informasi, 1130-1139.

Haryono, Putra, A. S., & Kholid. (2021). Implementasi Object Oriented Metodologi dan UML pada Pengembangan Sistem Informasi Keuangan Organisasi.

Nasir, M., & Hadinata, N. (2017). Implementasi Metode Scrum Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan (Study Kasus : Penjualan Sperpart Kendaraan). Jurnal Ilmiah Betrik, 22-27.

Rizaldi, T., S., D. P., & R., H. Y. (2016). Implementasi Metodologi SCRUM dalam Pengembangan Sistem Pembayaran Elektronik Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. 168-72.

Schwaber, K., & Sutherland, J. (2020, November). The Scrum Guide. Retrieved from The Definitive Guide to Scrum: The Rules of the Game: https://scrumguides.org/docs/scrumguide/v2020/2020-Scrum-Guide-US.pdf




DOI: https://doi.org/10.33365/jimasia.v2i2.2241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Amalia Arsyad, Mashud Mashud, A Sumardin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jimasia
E  : jimasia@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.