ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFOMASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG

MICHAEL ADI SWASONO, Agung Tri Prastowo

Abstract


Maranatha Electrik Store adalah salah satu toko retail perseorangan yang bergerak sebagai penengah yang menghubungkan antara konsumen, yang bergerak di penjualan barang- barang elektronik seperti lampu, kabel, piting, kipas, televisi, dan lain-lain. Maranatha Electrik Store memiliki tempat penyimpanan stok barang yang mana berfungsi sebagai lokasi penyaluran barang dari supplier (pemasok), sampai ke penjual. Dalam praktik dan proses Inventory pada Maranatha Electrik Store, terdapat kendala yaitu tidak akuratnya jumlah data stok barang, tidak adanya arsip dokumen barang masuk dan barang keluar pada gudang, terjadi kesalahan pencatatan stok akhir ,terlambatnya pembuatan laporan pada gudang karena penjaga gudang harus menghitung dan mencatat ulang, sering terjadi kelebihan stok sehingga memakan biaya persediaan dan ruang tempat, sulitnya menentukan harga pokok penjualan dan terupdate, tidak adanya koreksi barang atas stok, pembelian dan pemakaian, informasi yang kurang relevan dan akurat, komunikasi antara pemilik toko dengan petugas gudang kurang terjalin. Maka dengan itu dapat dibangunkan sistem inventory yang dapat mengelola stok barang masuk dan keluar pada gudang Maranatha Electrik Store serta membangun sistem yang menyediakan harga pokok yang akurat untuk mempermudah dalam menentukan harga penjualan pada Maranatha Electrik Store. Metode pengembangan sistem pengendalian barang/Inventory yaitu Waterfall, metode pendekatan menggunakan OOP/berorientasi Objek dengan menggunakan model UML, perancangan menggunakan ERD untuk perhitungan Harga Pokok Penjual menggunakan Metode Average Cost dengan kombinasi pencatatan perpetual dengan teknik laporan Cut/Off setiap bulan. Hasil yang dicapai adalah sebuah Website untuk pengendalian barang di Gudang Maranatha Electric Store, dapat membantu melakukan pengolahan data barang di gudang

Full Text:

PDF

References


Ahdan, S., & Setiawansyah, S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Pendonor Darah Tetap di Bandar Lampung dengan Algoritma Dijkstra berbasis Android. Jurnal Sains Dan Informatika: Research of Science and Informatic, 6(2), 67–77.

Aldino, A. A., Darwis, D., Prastowo, A. T., & Sujana, C. (2021). Implementation of K-Means Algorithm for Clustering Corn Planting Feasibility Area in South Lampung Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1751(1), 12038.

Amarudin, A., & Sofiandri, A. (2018). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ikhtisar Kas Masjid Istiqomah Berbasis Desktop. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 51–56.

Dana, A., & Setiawati, L. (2011). Sistem informasi akuntansi. Yogyakarta [ID]: Andi.

Darwis, D., Pasaribu, A. F., & Surahman, A. (2019). Sistem Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Resmi Menggunakan Teknik Pengolahan Suara dan Pemrosesan Bahasa Alami. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 71–77.

Maulida, S., Hamidy, F., & Wahyudi, A. D. (2020). Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard Untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Penjualan. Jurnal TEKNO KOMPAK, 14(1), 47–53.

Megawaty, D. A., Setiawansyah, Bakri, M., & Damayanti, E. (2020). SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA. 14(2), 98–101.

Ningsih, N., Isnaini, F., Handayani, N., & Neneng, N. (2017). Pengembangan Sistem Perhitungan SHU (Sisa Hasil Usaha) untuk Meningkatkan Penghasilan Anggota pada Koperasi Manunggal Karya. Jurnal Tekno Kompak, 11(1), 10–13.

Nugroho, N., Rahmanto, Y., Rusliyawati, R., Alita, D., & Handika, H. (2021). Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri). J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 328–336.

Rahmanto, Y., & Utama, R. Y. (2018). Penerapan Teknologi Web3D Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Gerakan Dasar Silat. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 7–14. http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/593

Riskiono, S. D., & Reginal, U. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus Smart Tour). Informasi Dan Komputer, 06(02), 51–62.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2016). Sistem informasi akuntansi.

Setiawansyah, S., Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 89–95.

Shodik, N., Neneng, N., & Ahmad, I. (2019). Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(3), 219. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.15727

Sulistiani, H. (2018). Perancangan Dashboard Interaktif Penjualan (Studi Kasus: PT Jaya Bakery). Jurnal Tekno Kompak, 12(1), 15–17.

Suri, M. I., & Puspaningrum, A. S. (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERITA BERBASIS WEB. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 8–14.

Yana, S., Gunawan, R. D., & Budiman, A. (2020). SISTEM INFORMASI PELAYANAN DISTRIBUSI KEUANGAN DESA UNTUK PEMBANGUNAN (STUDY KASUS: DUSUN SRIKAYA). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 254–263.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i1.734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MICHAEL ADI SWASONO, Agung Tri Prastowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.