PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOLEKSI MUSEUM BERBASIS WEB (STUDI KASUS MUSEUM NEGERI PROVINSI LAMPUNG)

Nanang Istiawan, Nuralia Nuralia

Abstract


Museum Lampung adalah salah satu unit pelaksana teknis daerah kebudayaan Provinsi Lampung yang mempunyai tugas-tugas mengumpulkan, meneliti, merawat dan menjadikannya pameran benda-benda budaya untuk tujuan pendidikan, penelitian dan rekreasi/pariwisata. Museum Lampung sampai saat ini masih berdiri dan dijadikan objek wisata untuk umum yang ingin melihat koleksi-koleksi yang ada di Museum Lampung. Museum Lampung merupakan tempat penyimpanan bukti-bukti sejarah peradaban manusia dan lingkungan alamnya. Sistem informasi manajemen koleksi museum dengan menggunakan metode perancangan sistem UML (Unified Modeling Language) dan bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP, HTML 5 dan MySQL sebagai database, sehingga dapat memberikan kemudahan dalam mendata dan mengelola koleksi yang ada di museum lampung. Sistem informasi manajemen koleksi museum, akan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang seluruh koleksi dan informasi yang terkait dengan museum lampung. Hasil   pengujian   dengan   kasus   uji   sample   diatas dimana dalam pengujiannya menggunakan metode Black Box. dapat   ditarik kesimpulan bahwa perangkat lunak Sistem Informasi Manajemen Koleksi Museum pada Museum Lampung ini bebas   dari   kesalahan   sintaks   dan   secara fungsional mengeluarkan hasil 100% yang sesuai dengan yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


Aldino, A. A., Darwis, D., Prastowo, A. T., & Sujana, C. (2021). Implementation of K-Means Algorithm for Clustering Corn Planting Feasibility Area in South Lampung Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1751(1), 12038.

Budiman, A., Wahyuni, L. S., & Bantun, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pencarian Dan Pemesanan Rumah Kos Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 24–30.

Darwis, D., Ferico Octaviansyah, A., Sulistiani, H., & Putra, R. (2020). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Puskesmas Di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 159–170.

Darwis, D., Pasaribu, A. F., & Surahman, A. (2019). Sistem Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Resmi Menggunakan Teknik Pengolahan Suara dan Pemrosesan Bahasa Alami. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 71–77.

Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah, S. (2020). E-DELIVERY MAKANAN BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: OKONOMIX KEDATON BANDAR LAMPUNG). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 105–110.

Napianto, R., Utami, E., & Sudarmawan, S. (2017). VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) PADA SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER SEBAGAI SISTEM PENGIRIMAN DATA PERUSAHAAN MELALUI JARINGAN PUBLIK (STUDI KASUS: JARINGAN TOMATO DIGITAL PRINTING). Respati, 7(20).

Nugroho, N., Rahmanto, Y., Rusliyawati, R., Alita, D., & Handika, H. (2021). Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri). J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 328–336.

Nurmanto, D., & Gunawan, R. D. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI MAGIC BOOK PENGENALAN PROFESI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. 1(1), 36–42.

Putra, A. D. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK USAHA PENJUALAN HELM. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.

Rahmanto, Y., Hotijah, S., & Damayanti. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBUDAYAAN LAMPUNG BERBASIS MOBILE. JDMSI, 1(3), 19–25.

Rahmanto, Y., & Utama, R. Y. (2018). Penerapan Teknologi Web3D Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Gerakan Dasar Silat. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 7–14. http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/593

Setiawan, D., Rosandi, I. S., Putra, M. P. K., & Darmawan, S. (2018). Deteksi Bola Multipola Pada Robot Krakatau FC.

Setiawansyah, Sulistiani, H., & Darwis, D. (2020). Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari ). Jurnal CoreIT, 6(1), 50–56.

Surahman, A., Wahyudi, A. D., & Sintaro, S. (2020). Implementasi Teknologi Visual 3D Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace.

Suri, M. I., & Puspaningrum, A. S. (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERITA BERBASIS WEB. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 8–14.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i1.731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nanang Istiawan, Nuralia Nuralia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.