PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGAWASAN PROYEK BERBASIS WEB

Denny Andrian

Abstract


PT Alam Jaya Berdikari (AJB) adalah sebuah perusahaan swasta milik negara dengan sejarah dan pengalaman yang panjang di bidang jasa konstruksi. Permasalahan pertama yang sering dijumpai adalah lokasi proyek yang relatif jauh sehingga akan terjadi keterlambatan informasi. Masalah kedua adalah project manager harus masuk ke lokasi untuk mengetahui apakah informasi yang disampaikan oleh pelaksana benar. Kadang pelaksana mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan sudah mencapai tahap progres, dan diharapkan tahap ini belum. terwujud, namun karena banyaknya kegiatan yang telah dilakukan Manajer proyek seringkali tidak sempat datang langsung ke lokasi untuk mengecek keadaan, sehingga harus menjaganya sehingga sulit untuk mengambil keputusan. Masalah selanjutnya dari penyelenggara acara yang merekam acara biasanya adalah penumpukan gambar karena banyaknya proyek. Terkadang pimpinan sering salah paham tentang proyek mana yang sedang berjalan, karena laporan yang dikirim diterima melalui media WhatsApp dan orang-orang keluar dari keamanan bisnis. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirancang sebuah sistem untuk melaporkan perkembangan proyek yang sedang dikerjakan atau secara kontiyu dapat dilihat perkembangannya dalam format bentuk tabel, grafik, dan format foto dokumentasi proyek yang tersistem. Sistem Informasi Pengawasan Proyek di PT Alam Jaya Berdikari ini dibangun dengan menggunakan aplikasi Adobe Dreamweaver CS5, database SQL, metode pengembangan sistem menggunakan Metode Waterfall, desain sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan bahasa pemrograman menggunakan PHP serta Pengujian sistem menggunakan blackbox testing dan penilaian website menggunakan webqual.

Full Text:

PDF

References


Ahdan, S., Priandika, A. T., Andhika, F., & Amalia, F. S. (2020). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI MENGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID LEARNING MEDIA FOR BASIC TECHNIQUES OF VOLLEYBALL USING ANDROID-BASED AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY.

Aldino, A. A., Darwis, D., Prastowo, A. T., & Sujana, C. (2021). Implementation of K-Means Algorithm for Clustering Corn Planting Feasibility Area in South Lampung Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1751(1), 12038.

Budiman, A., Wahyuni, L. S., & Bantun, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pencarian Dan Pemesanan Rumah Kos Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 24–30.

Indra, R., Thyo, A., & Rahman, A. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming ( XP ) pada Aplikasi Investasi Peternakan Implementation of Extreme Programming ( XP ) System Development Method in Livestock Investment Aplication. 8(3), 272–277. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40273

Isnain, A. R., Sakti, A. I., Alita, D., & Marga, N. S. (2021). SENTIMEN ANALISIS PUBLIK TERHADAP KEBIJAKAN LOCKDOWN PEMERINTAH JAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA SVM. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 31–37.

Megawaty, D. A., Setiawansyah, Bakri, M., & Damayanti, E. (2020). SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA. 14(2), 98–101.

Napianto, R., Utami, E., & Sudarmawan, S. (2017). VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) PADA SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER SEBAGAI SISTEM PENGIRIMAN DATA PERUSAHAAN MELALUI JARINGAN PUBLIK (STUDI KASUS: JARINGAN TOMATO DIGITAL PRINTING). Respati, 7(20).

Nugroho, N., Rahmanto, Y., Rusliyawati, R., Alita, D., & Handika, H. (2021). Software Development Sistem Informasi Kursus Mengemudi (Kasus: Kursus Mengemudi Widi Mandiri). J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 328–336.

Nurmanto, D., & Gunawan, R. D. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI MAGIC BOOK PENGENALAN PROFESI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. 1(1), 36–42.

Pamungkas, N. B., Darwis, D., Nurjayanti, D., & Prastowo, A. T. (2020). Perbandingan Algoritma Pixel Value Differencing dan Modulus Function pada Steganografi untuk Mengukur Kualitas Citra dan Kapasitas Penyimpanan. Jurnal Informatika, 20(1), 67–77.

Putra, A. D. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK USAHA PENJUALAN HELM. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.

Rahmanto, Y., & Fernando, Y. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS WEB (STUDI KASUS: SMK MA’ARIF KALIREJO LAMPUNG TENGAH). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 11–15.

Setiawansyah, Sulistiani, H., & Darwis, D. (2020). Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari ). Jurnal CoreIT, 6(1), 50–56.

Surahman, A., Wahyudi, A. D., & Sintaro, S. (2020). Implementasi Teknologi Visual 3D Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace.

Suryono, R. R., Nurhuda, Y. A., & Ridwan, M. (2019). Analisis Perilaku Pengguna Sistem Informasi Pengetahuan Obat Buatan Untuk Kebutuhan Swamedikasi. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 1. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.134




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i1.729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Denny Andrian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.