SISTEM INFORMASI PELAYANAN DISTRIBUSI KEUANGAN DESA UNTUK PEMBANGUNAN (STUDY KASUS : DUSUN SRIKAYA)

Sinta Yana, Rakhmad Dedi Gunawan, Arief Budiman

Abstract


Dana desa bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diatur oleh peraturan pemerintah indonesia nomor 60 tahun 2014. Dana tersebut digunakan untuk kegiatan desa dan pembangunan. Dalam beberapa situasi penggunaan Alokasi dana Desa ini rawan terhadap penyelewengan dana oleh pihak yang seharusnya dipercaya oleh masyarakat dalam membangun desa menjadi lebih maju dan berkembang. Pentingnya peran masyarakat sebagai pengawas langsung dan tidak lepas dari peran pemerintah kabupaten selaku pemberi dana untuk selalu memonitor jalanya pembangunan di desa. pengelola keuangan desa karena tidak adanya sistem pelaporan yang transpansi anggaran dana desa untuk pembangunan. Hal ini yang mengakibatkan proses pengolahan dana desa menjadi terhambat dan terlambat dalam pembuatan rencana anggara biaya (RAB) desa untuk segera didistribusikan keuangan desa untuk pembangunan. Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan dapat memberikan pelaporan dan pengelolaan dana desa untuk pembangunan. Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan dapat diakses oleh admin, kepala desa dan user melalui web browser. Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan memiliki tampiran dan rancangan yang dapat mudah dipahami dan dioperasikan oleh admin Dusun Srikaya Desa Sukadana Tengah Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Pelaporan pengajuan  rencana anggaran biaya (RAB) dapat mudah disampaikan kepada kepala desa. Dengan menggunakan Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan masyarakat dapat melihat laporan rencana anggaran biaya (RAB) secara transfaransi melalui web browser yang telah diotorisasi oleh kepala desa. Hasil pengujian menggunakan Boundary Value Analysis (BVA) kelayakan fungsionalitas Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan dikatakan layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. (2018) 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Elex Media Komputindo.

Ahdan, S. and Setiawansyah, S. (2020) ‘Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Pendonor Darah Tetap di Bandar Lampung dengan Algoritma Dijkstra berbasis Android’, Jurnal Sains dan Informatika: Research of Science and Informatic, 6(2), pp. 67–77.

Andriyanto, D., Baridwan, Z. and Subekti, I. (2019) ‘Anteseden perilaku penggunaan e-budgeting: Kasus sistem informasi keuangan desa di Banyuwangi, Indonesia’, Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 6(2), pp. 151–170.

Atmadja, A. T. and Saputra, A. K. (2017) ‘Pencegahan Fraud dalam Pengelolaan Keuangan Desa’, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 12(2), pp. 7–16.

Jatmiko, D. P. (2017) Pengantar Manajemen Keuangan: Diandra Kreatif. Diandra Kreatif.

Megawaty, D. A. et al. (2020) ‘SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA’, 14(2), pp. 98–101.

Miswanto, Sulistiani, H. and Damayanti (2020) ‘PENERAPAN METODE COST AND BENEFIT ANALYSIS DALAM PENGUKURAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI ( STUDY KASUS : CV LAUT SELATAN JAYA ) The Application of Cost and Benefit Analysis Methods in Measuring Information Technology Investment ( Case Study : CV Laut Sel’, Jurnal Tekno Kompak, 14(1), pp. 54–61.

Setiawansyah, Sulistiani, H. and Darwis, D. (2020) ‘Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari )’, Jurnal CoreIT, 6(1), pp. 50–56.

Sutarbi, T. (2012) ‘Konsep Sistem Informasi’, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 6 (2014) ‘tahun 2014 tentang Desa’.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sinta Yana, Rakhmad Dedi Gunawan, Arief Budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.