SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA FATAHILLAH SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN)

Andri Agus Irawan, Neneng Neneng

Abstract


Teknologi informasi sangat berkembang di masyarakat, umumnya teknologi informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, memproses, menyimpan dan memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi, khususnya di SMA Fatahillah Sidoharjo Jati Agung. Dari identifikasi tersebut, SMA Fatahillah Lampung Selatan membutuhkan suatu sistem informasi penerimaan siswa berbasis web yang mampu mengolah data-data siswa baru sehingga data dapat disimpan dengan aman kedalam database system. Pada penelitian ini dilakukan dengan perancangan Usecase Diagram, Activity Diagram dan Flowchart. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis web (Studi kasus : SMA Fatahillah Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan), yang dapat memberikan informasi penerimaan atau pendaftaran siswa baru dan dapat diakses secara online tanpa terbatas ruang dan waktu. Berdasarkan pengujian menggunakan blackbox, bahwa aplikasi penerimaan siswa baru di SMA Fatahillah berjalan sesuai dengan yang diharapkan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. et al. (2019) ‘Penerapan Algoritma Rekomendasi Pada Aplikasi Rumah Madu Untuk Perhitungan Akuntansi Sederhana Dan Marketing Digital’, IIB Darmajaya, pp. 38–45.

Darwis, D. et al. (2020) ‘Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Puskesmas Di Kabupaten Lampung Timur’, Jurnal Komputer dan Informatika, 15(1), pp. 159–170.

Destiningrum, M. and Adrian, Q. J. (2017) ‘Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre)’, Jurnal Teknoinfo, 11(2), p. 30. doi: 10.33365/jti.v11i2.24.

Megawaty, D. A. et al. (2020) ‘SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA’, 14(2), pp. 98–101.

Mulyadi (2011) ‘Sistem informasi akuntansi’, Salemba Empat Jakarta.

Mulyanto, A., Nurhuda, Y. A. and Khoirurosid, I. (2017) ‘Sistem kendali lampu rumah menggunakan smartphone Android’, Jurnal Teknoinfo, 11(2), pp. 48–53.

Rahmanto, Y., Hotijah, S. and Damayanti (2020) ‘PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBUDAYAAN LAMPUNG BERBASIS MOBILE’, JDMSI, 1(3), pp. 19–25.

Romney, M. et al. (2012) Accounting Information Systems Australasian Edition. Pearson Higher Education AU.

Setiawansyah, Sulistiani, H. and Darwis, D. (2020) ‘Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari )’, Jurnal CoreIT, 6(1), pp. 50–56.

Sidik, B. (2018) ‘Framework CodeIgniter: Menggunakan Framework CodeIgniter 2. x untuk Memudahkan pengembangan Pemrograman Aplikasi WEB dengan PHP 5’. Informatika.

Sintaro, S., Surahman, A. and Prastowo, A. T. (2020) ‘PENERAPAN WEB WALKERS SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK PERBANDINGAN MANUAL BREWING COFFEE DI INDONESIA’, JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(2), pp. 132–137.

Wulandari, Y. and Sulistiani, H. (2020) ‘RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI SMS GATEWAY BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA’, 1(1), pp. 43–50.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andri Agus Irawan, Neneng Neneng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.