Aplikasi Virtual Tour Islamic Center Berbasis Android

Rindu Roro Rembulan

Abstract


Para developer software smartphone telah mengembang berbagai teknologi, salah contohnya adalah teknologi Virtual Tour (VR). Teknologi Virtual Tour atau disebut juga panoramic tour merupakan sebuah simulasi dari suatu tempat yang benar-benar ada, terdiri dari kumpulan foto-360̊, foto panorama, kumpulan gambar yang terhubung oleh hyperlink, model 3 dimensi ataupun video. Virtual Tour telah banyak digunakan secara luas sebagai alat promosi yang efektif khususnya dibidang pariwisata melalui media interaktif. Saat ini Islamic center belum dapat memaksimalkan minat pengunjung dikarenakan masih menggunakan media konvensional seperti brosur dan iklan banner serta lokasi yang jauh dari perkotaan, sehingga belum terlihat peningkatan bagi wilayah setempat secara signifikan.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membangun aplikasi berbasis mobile android dengan memanfaatkan teknologi Virtual Tour yang diharapkan dapat meningkatkan nilai promosi dan daya tarik pengunjung, serta memperkenalkan Islamic Center dari luar kabupaten Tulang Bawang Barat secara virtual berupa obyek video panorama 360̊, melalui aplikasi yang dinamakan “Virtual Tour Islamic Center Tulang Bawang Barat”. Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model Luther. Sedangkan untuk pengujian sistemnya, penulis menggunakan standar kualitas International Organization of Standardzation (ISO) 25010, adapun aspek yang akan diuji adalah aspek Functional Suitability, aspek Operability, dan aspek Transferability. Perancangan (Design) aplikasi menggunakan Storyboard dan Flowchart serta tools yang digunakan yaitu Unity3D dan untuk editing video360̊ menggunakan Vegas Pro atau Magic Vegas.
Kelebihan dari aplikasi ini yaitu dimana visualisasinya seakan dapat di jelajahi seperti bentuk aslinya, dapat berjalan menelusuri ke arah Masjid 99 Cahaya dan Sesat Agung, melihat dan memutar 360̊ dan menjelajahi sekelilingnya sehingga pengguna aplikasi dapat menikmati suasana di Islamic Center yang sangat realistis. Aplikasi ini sudah diuji menggunakan ISO 25010, aspek yang diuji adalah aspek Functional Suitability mendapatkan skor 100%, aspek Operability mendapatkan skor 94% dan aspek Transferability mendapatkan skor 100% serta waktu rata-rata eksekusi 1,0364 detik. Dari keseluruhan pengujian ISO 25010 mendapatkan skor total rata-rata 95% atau mempunyai skala sangat baik.
Kata kunci: Augmented reality, MDLC, Unity 3D, 3ds Max, SMK-SMTI Bandar Lampung.


Full Text:

PDF

References


Arifatno, D. R., & Rahmadi, H. (2017). Perancangan Aplikasi Gerakan Shalat Menggunakan Augmented. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SeNTIK) STMIK Jakarta STI&K, 115.

H. Wattiheluw, F., Rochimah, S., & Fatichah, C. (2019). Klasifikasi Kualitas Perangkat Lunak Berdasarkan ISO/IEC 25010 Menggunakan Fuzzy Mamdanidan PSO untuk Situs Web E-Commerce. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, XVII(01), 73-83.

Islamic Center Kebanggaan Masyarakat Tubaba. (2019, September 9). Diambil kembali dariKominfo Tulang Bawang Barat: https://kominfo.tulangbawangbaratkab.go.id/islamic-canter-kebangaan- masyarakat-tubaba/

Juansyah, A. (2015, Agustus a). Pembangunan Aplikasi Child Trake Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, I, 2-3.

Kemendikbud. (2020, Agustus 02). Aplikasi. Diambil kembali dari KBBI: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/aplikasi

Kurniawan, I., Setiawansyah and Nuralia (2020) ‘PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA DENGAN MARKER’, Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), pp. 9–16.

Mahendra, i. B. (2016). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK . Jurnal Ilmu Komputer , 2.

Maulana, A., Rosalina, V., & Safaah, E. (2020, Maret). Implementasi Teknologi Virtual Tour Perpustakaan Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Develpment Life Cycle (MDLC). Jurnal Sistem Informasi, 7, 1.

Putra, D. M. (2017). Pemanfaatan Engine Vuforia untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile . Journal Of Information and Teknology, 71.

Pasaribu, A. F. O. et al. (2019) ‘Sistem Informasi Geografis untuk Pencarian Lokasi Bengkel Mobil di Wilayah Kota Bandar Lampung’, Jurnal Tekno Kompak, 13(2), pp. 1–6.

Putra, A. D. (2020) ‘RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK USAHA PENJUALAN HELM’, Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), pp. 17–24.

Rahman, F. (2020). Sekretariat Islamic Center Tubaba. (R. R. Rembulan, Pewawancara) Solikin, I. (Tahun 2018, Mei). Implementasi Penggunaan Smartphone Android Untuk Control PC. Jurnal Pengembangan IT, 3.

Sintaro, S., Ramdani, R. and Samsugi, S. (2020) ‘Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di’, 1(1), pp. 51–57.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv.Alfabeta.

Sutopo, A. H. (2003). Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.

Tian, J. (2005). SOFTWARE QUALITY ENGINEERING. Dalam V. Moliere (Penyunt.), TESTING, QUALITY ASSURANCE, AND QUANTIFIABLE IMPROVMENT. Canada: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Wicaksono, A. Y., Rismanto, R., & Prasetyo, A. (2017, February). Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Batu Menggunakan Metode Electre. Jurnal Informatika Polinema, 3, 32.

Yuliana, A., & Lisdianto, E. (2017, Februari). Aplikasi Virtual Tour Sebagai Media Promosi Objek di Stone Garden Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Management Informatika dan Komputer, 01(01), 19.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rindu Roro Rembulan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.