SISTEM INFORMASI INVENTORY GUDANG DALAM KETERSEDIAAN STOK BARANG MENGGUNAKAN METODE BUFFER STOK

ade ferry qadafi, Agung Deni Wahyudi

Abstract


Rika 86 merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konveksi, Didirikan pada tahun 1986, dan hanya memiliki satu orang penjahit dan satu orang untuk sablon. Rika 86 memiliki kegiatan penjualan, pembelian dan retur barang. Namun, sampai saat ini belum ada sistem yang mengelola data tentang stok persediaan barang untuk itu perusahaan ingin memiliki sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengetahui persediaan barang, agar dapat dengan mudah mengetahui jumlah dan tempat penyimpanan persediaan barang. Saat ini data persediaan barang masih disimpan dalam beberapa buku, dimana yang di catat hanya harga satuan persediaan barang dan jumlah stok tanpa adanya keterangan lebih terperinci pada buku stok persediaan barang. Nota pembelian persediaan barang sering terjadi kehilangan karena penyimpanannya masih berupa arsip yang menyebabkan tidak adanya rekam data order. Dengan masalah tersebut proses pelayanan kepada pelanggan menjadi terhambat, proses pembuatan produk menjadi terhambat dan jika persediaan barang yang sudah habis tetapi tidak di stok kembali maka akan memakan waktu untuk mengorder barang kembali. Dengan adanya sistem informasi persediaan ini serta sistem aplikasi yang dirancang dengan mengunakan metode perancangan sistem UML (Unified Modeling Language). Pengkodean sistem atau bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP dengan database MySQL, serta hasil pengujian bahwa kualitas perangkat lunak yang dihasilkan memiliki tingkat yang Sangat Layak

Full Text:

PDF

References


Darwis, D., Pasaribu, A. F. and Surahman, A. (2019) ‘Sistem Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Resmi Menggunakan Teknik Pengolahan Suara dan Pemrosesan Bahasa Alami’, Jurnal Teknoinfo, 13(2), pp. 71–77.

Eka, S., Putri, Y. and Surahman, A. (2020) ‘PENERAPAN MODEL NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI POTENSI PENDAFTARAN SISWA DI SMK TAMAN SISWA TELUK’, 1(1), pp. 81–86.

Maulida, S., Hamidy, F. and Wahyudi, A. D. (2020) ‘Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard Untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Penjualan’, Jurnal TEKNO KOMPAK, 14(1), pp. 47–53.

Megawaty, D. A. et al. (2020) ‘SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA’, 14(2), pp. 98–101.

Nawang, M., Kurniawati, L. and Duta, D. (2017) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Barang Berbasis Dekstop Dengan Model Waterfall’, Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), pp. 233–238.

Pressman, R. (2010) Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach, Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach. doi: 10.1002/9781118830208.

Rosa, A.S. and Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Setiawansyah, Sulistiani, H. and Darwis, D. (2020) ‘Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari )’, Jurnal CoreIT, 6(1), pp. 50–56.

Sulistiani, H. et al. (2020) ‘Pemanfaatan Analisis Biaya Dan Manfaat Dalam Perhitungan Kelayakan Investasi Teknologi Informasi’, Jurnal Ilmiah Edutic, 6(2). doi: https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.7220.

Wulandari, Y. and Sulistiani, H. (2020) ‘RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI SMS GATEWAY BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA’, 1(1), pp. 43–50.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ade ferry qadafi, Agung Deni Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.