Interface Data Sistem ERP SAP Dan Aplikasi Android Di Server Hosting Menggunakan Flat File (Studi Kasus: Aplikasi Mobile Populasi Sapi Pada PT. Great Giant Livestock)

Alen Aldo Nozari

Abstract


PT Great Giant Livestock adalah tempat penggemukan sapi terbesar ketiga di Indonesia yang berlokasi di Terbanggi Besar, Lampung Tengah. Saat ini terdapat beberapa sistem di PT Great Giant Livestock. Beberapa diantaranya adalah Sistem ERP SAP dan Aplikasi Mobile Android di Server Hosting. Sistem tersebut diatas berjalan sendiri-sendiri, menggunakan database terpisah. Disebabkan oleh Sistem ERP SAP PT Great Giant Livestock yang digunakan tidak mengizinkan sistem lain untuk baca langsung ke databasenya. Dimana secara kebijakan, tidak boleh saling akses database. Tujuan dari penelitian ini yaitu supaya memungkinkan dua sistem untuk berbagi informasi satu sama lain. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu wawancara. Sumber data diperoleh dari IST Head PT Great Giant Livestock. Aplikasi mobile android populasi sapi ini di bangun dengan menggunakan metode pengembangan extreme programming dan untuk mendapatkan datanya menggunakan metode flat file. Data yang dipilih adalah data populasi sapi, supaya mempermudah sales dalam memperoleh informasi populasi sapi yang dijadikan sebagai acuan, sapi mana yang perlu dijual berdasarkan data populasi sapi per kandang dan umur atau lama sapi di kandang. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa sebuah aplikasi mobile android populasi sapi yang menerapkan metode flat file untuk mendapatkan data dari Server ERP SAP yang ditampilkan di aplikasi mobile android. Kemudian untuk testing kelayakan aplikasi menggunakan model pengujian ISO 25010 dengan menggunakan 3 (tiga) ukuran kualitas pengujian yaitu Functional Suitability, Compatibility, dan Usability.


Full Text:

PDF

References


Darwis, D., Pasaribu, A. F. and Surahman, A. (2019) ‘Sistem Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Resmi Menggunakan Teknik Pengolahan Suara dan Pemrosesan Bahasa Alami’, Jurnal Teknoinfo, 13(2), pp. 71–77.

Indra, R., Thyo, A. and Rahman, A. (2020) ‘Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming ( XP ) pada Aplikasi Investasi Peternakan Implementation of Extreme Programming ( XP ) System Development Method in Livestock Investment Aplication’, 8(3), pp. 272–277. doi: 10.26418/justin.v8i3.40273.

Kusniyati, H. & Pangondian , N. S., 2016. Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, p. 11.

Laudhana, A. C. and Puspaningrum, A. S. (2020) ‘MEDIA PEMBELAJARAN TENSES UNTUK ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2’, 1(1).

Loki, 2015. 3 THINGS YOU NEED TO KNOW ABOUT AN INTEGRATION VS INTERFACE. http://www.lokisys.com/2015/01/integration-vs-interface/.

Mulyanto, A., Nurhuda, Y. A. and Khoirurosid, I. (2017) ‘Sistem kendali lampu rumah menggunakan smartphone Android’, Jurnal Teknoinfo, 11(2), pp. 48–53.

Riskiono, S. D. and Reginal, U. (2018) ‘Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus Smart Tour)’, Informasi Dan Komputer, 06(02), pp. 51–62.

Utami , S. S., Susilo , H. & R., 2017. Analisis Penerapan Enterprises Resource Planning (ERP) (Studi pada PT Domusindo Perdana). Jurnal Administrasi Bisnis, p. 166.

Vecchio, L. D., 2019. What is a Flat File. https://www.purchasecontrol.com/blog/flat-file/.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Alen Aldo Nozari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.