DESAIN DATA WAREHOUSE PENJUALAN MENGGUNAKAN NINE STEP METHODOLOGY UNTUK BUSINESS INTELEGENCY PADA PT BANGUN MITRA MAKMUR

Muhammad Akbar, Yuri Rahmanto

Abstract


Perkembangan teknologi, informasi yang cepat, akurat dan terpercaya menjadi Persyaratan yang sangat penting bagi organisasi. Informasi memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan hidup atau mati suatu perusahaan. Umumnya perusahaan besar telah menggunakan sistem berbasis komputer untuk mengatur dan mengolah informasi tentang kepentingan bisnis mereka. Hal ini terlihat dari banyaknya transaksi di perusahaan besar. PT Bangun Mitra Makmur perusahaan yang bergerak pada penjualan barang yang meliputi barang-barang dan Wilayah pemasaran meliputi Lampung dan Sumatera Selatan. Data transaksi penjualan di bagian penjualan terkait dengan data penjualan produk yang begitu besar sehingga membutuhkan media penyimpanan yang besar, serta sulit untuk mengolah datanya untuk membuat laporan untuk digunakan manajemen untuk digunakan dalam pengambilan keputusan. Butuh waktu lama untuk mengolah data penjualan hingga menghasilkan laporan karena masih perlu diolah dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Banyaknya data transaksional penjualan yang tersimpan tidak dapat digunakan sebagai dasar analisa untuk pengolahan data lebih lanjut untuk dijadikan dasar oleh tingkatan top level management dalam mengambil sebuah keputusan. Data warehouse Penjualan dirancangan dengan menggunakan Nine Step Methodology data warehouse menghasilkan desain data warehouse yang lebih baik dengan menggunakan permodelan star schema dan menggunakan star schema akan mempercepat query untuk information delivery.


Full Text:

PDF

References


Andrika, Y., Dkk. (2019). ‘Data Warehouse Kinerja Dosen Untuk Sistem Penjaminan Mutu Internal STMIK Atmaluhur’. Sensitif 2019.

Coronel, R. M. (2011). DATABASE SYSTEM Design, Implementation and Management Ninth Edition. United States. Cengage Learning.

Eka, S., Putri, Y. and Surahman, A. (2020). ‘PENERAPAN MODEL NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI POTENSI PENDAFTARAN SISWA DI SMK TAMAN SISWA TELUK BETUNG BERBASIS WEB’, 1(1), pp. 93–99.

Inmon, W. H. 2005. Building the Data Warehouse, 4th Edition. Indianapolis. Wiley Publishing, Inc.

Kimball, R., and Margy, R. (2010). Industrial Engineering The Kimball Group Reader, Relentlessly Practical Tools for Data Warehousing and Business Intelligence.

Kurniawan, I., Setiawansyah and Nuralia. (2020). ‘PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA DENGAN MARKER’, Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), pp. 9–16.

Lane, P. 2005. Oracle Database Data Warehousing Guide 10g Release 2, Oracle.

Megawaty, D. A. and Putra, M. E. (2020). ‘APLIKASI MONITORING AKTIVITAS AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS XYZ BERBASIS’, 1(1), pp. 65–74.

Miswanto, Sulistiani, H. and Damayanti. (2020). ‘PENERAPAN METODE COST AND BENEFIT ANALYSIS DALAM PENGUKURAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI ( STUDY KASUS : CV LAUT SELATAN JAYA ) The Application of Cost and Benefit Analysis Methods in Measuring Information Technology Investment ( Case Study : CV Laut Sel’, Jurnal Tekno Kompak, 14(1), pp. 54–61.

Pratama, I., dan Pradipta, I. (2018). ‘Desain Dan Implementasi Data Warehouse Untuk Prediksi Penjualan Produk Pada Toko Mekarsari. Jurnal Teknologi Informatika dan Terapan Vol. 05, No 01. Januari - Juni 2018.

Ponniah, P. 2010. Data Warehousing Fundamentals for it Professionals: Second Edition.

Riksazany, R., Ayub, M. (2019). ‘Eksplorasi Data Warehouse Penjualan dengan Tableau’. Jurnal Strategi Volume 1 Nomor 2 November 2019.

Setiawansyah, Sulistiani, H. and Darwis, D. (2020). ‘Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing ( OLAP ) pada Data Penjualan ( Studi Kasus : CV Adilia Lestari )’, Jurnal CoreIT, 6(1), pp. 50–56.

Shodik, N., Neneng, N. and Ahmad, I. (2019). ‘Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart)’, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(3), p. 219. doi: 10.23887/janapati.v7i3.15727.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Akbar, Yuri Rahmanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.