Perancangan Alat Pakan Bebek Otomatis Terjadwal Berbasis Arduino Uno Dengan Penjadwalan Android

Ramadhan Lukman, Yusra Fernando, Akhmad Jayadi

Abstract


Kelompok Ternak Bebek Ayem Bareng proses pemberian pakan yang digunakan saat ini masih bersifat manual, yatiu dengan menaruh pakan pada wadah penampung pakan yang disediakan di dalam kandang bebek. Hal tersebut menjadi kendala bagi peternak karena waktu pemberian pakan dlakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari, karena akan memakan waktu dan biaya untuk menuju lokasi kandang bebek. Dengan adanya kendala yang dialami tersebut kemudian penulis mengusulkan untuk membuatkan prototipe sebuah alat yang dapat memberi pakan ternak bebek secara otomatis, terjadwal dan Jumlah pakan yang diberikan juga dapat diatur. Komponen yang digunakan pada alat adalah Arduino UNO, motor DC, Modul Bluetooth HC-06 dan lain-lain. Metode pengembanyan yg digunakan adalah Prototype Evolutioner. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe alat yang dapat memberi pakan ternak bebek secara otomatis. Dengan proses pemberian pakan yang berjalan otomatis dan terjadwal maka pemberian pakan akan teratur, tepat waktu dan jumlah pakan yang diberikan juga akan tepat dan konsisten. Proses pengaturan jadwal dan jumlah pakan dapat dilakukan menggunakan Smartphone Android yang dihubungkan dengan alat melalui koneksi Bluetooth. Manfaat lain dari pemberian pakan yang berjalan otomatis adalah waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh peternak untuk pemberian pakan ternak akan lebih sedikit.

Full Text:

PDF

References


S. Ahdan and S. Setiawansyah, “Android-Based Geolocation Technology on a Blood Donation System (BDS) Using the Dijkstra Algorithm,” IJAIT (International J. Appl. Inf. Technol., pp. 1–15, 2021.

D. A. Saputra, “Amarudin, and Rubiyah,‘Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Mikrokontroler,’” J. Ilm. Mhs. Kendali dan List., vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2020.

K. Kriswanto and R. Wulansarie, “IbM Usaha Ternak Bebek Petelur Dan Produsen Telur Asin Kecamatan Gunungpati Kota Semarang,” J. Abdimas, vol. 22, no. 1, pp. 19–26, 2018.

A. Ambre and Et.all, “Web and Android Application for Comparison of E-Commerce Products,” FEMS Microbiol. Lett., vol. 5, no. 4, p. 266, 2019.

A. Anantama, A. Apriyantina, S. Samsugi, and F. Rossi, “Alat Pantau Jumlah Pemakaian Daya Listrik Pada Alat Elektronik Berbasis Arduino UNO,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 29–34, 2020.

M. Nurdiansyah, E. C. Sinurat, M. Bakri, and I. Ahmad, “Sistem Kendali Rotasi Matahari Pada Panel Surya Berbasis Arduino UNO,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 2, pp. 7–12, 2020.

I. K. W. Gunawan, A. Nurkholis, and A. Sucipto, “Sistem monitoring kelembaban gabah padi berbasis Arduino,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2020.

S. Samsugi, A. I. Yusuf, and F. Trisnawati, “Sistem Pengaman Pintu Otomatis Dengan Mikrokontroler Arduino Dan Module Rf Remote,” J. Ilm. Mhs. Kendali dan List., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.

F. Kurniawan and A. Surahman, “SISTEM KEAMANAN PADA PERLINTASAN KERETA API MENGUNAKAN SENSOR INFRARED BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 2, no. 1, pp. 7–12, 2021.

A. F. Nasution, “Perancangan Mobil Robot Pemberi Pakan Unggas Ayam Berbasis Arduino Uno Atmega 328P dengan Sistem Kendali Smartphone Android.” 2017.




DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ramadhan Lukman, Yusra Fernando, Akhmad Jayadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA)

Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Phone : 0721 70 20 22

Website : http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Email    : jatika@teknokrat.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.